Suzunime

Sumber-Segala-Sesuatu
Seputar Anime Blog Teknologi dan Edukasi! ( ^o^) /

PENTING! Berikut 10 Hal yang Perlu di Ajarkan pada Anak Sejak Dini!

Anak adalah Harta yang sangat berharga untuk kita (sebagai Orang Tua) dan lebih bahagianya lagi jika anak kita tersebut menjadi anak yang sangat Baik dan Berbudi Pekerti, pasti kita akan sangat Bangga dengan anak kita Sendiri.


Namun itu semua perlu usaha untuk bisa menjadikan anak kita menjadi anak yang baik, bisalah kita mulai dengan mendidik, menyayangi, dan melindungi sang anak agar menjadi Anak yang dapat di banggakan di masa yang akan datang nantinya.

Kali ini saya akan memberikan poin-poin penting yang bisa Anda ajarkan pada sang anak agar kelak nantinya sang anak dapat menjadi Anak yang Berguna bagi Agama Nusa dan Bangsa kita. :)

Baiklah tanpa perlu panjang lebar lagi langsung saja, Berikut 10 Hal yang Perlu di ajarkan pada Anak sejak Dini:

1. Mendekatkan Diri kepada Tuhan yang Maha Esa

Ajaran agama akan menuntun seseorang ke jalan terang, karena itu didik mereka supaya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan supaya tidak mudah tergoda iming-iming kenikmatan sesaar dunia.

2. Hidup Sederhana

Kesederhanaan adalah awal kebahagiaan. Karena itu sejak kecil, beri pengertian bahwa hidup sederhana bukan berarti selalu kekurangan, melainkan sebuah cara hidup yang bertujuan untuk menjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah.

3. Bekerja keras

Anak-anak perlu memahami bahwa untuk bisa tetap bertahan hidup, mereka harus mau bekerja keras. Bekerja adalah sebuah kewajiban karena ketika mereka sudah berumah tangga nanti bekerja juga menjadi bentuk amal ibadah dan juga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

4. Tidak konsumtif

Didik mereka supaya mampu memanfaatkan uang dengan bijaksana. Arahkan supaya mereka tidak bersikap konsumtif dan menghambur-hamburkan uangnya untuk berbelanja kebutuhan yang tidak perlu, agar mereka dapat berhemat dan menabung sebagai antisipasi jikalau nantinya uang tersebut dibutuhkan secara darurat.

5. (Sebagai Orang Tua) Jangan selalu menuruti keinginannya

Jangan selalu menuruti keinginan buah hati anda, jika tidak Anda sudah mengajari mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang egois dan manja. dan jangan ragu untuk bilang Tidak pada sang anak, tapi sebelumnya lihat dan pahami dulu apa yang di inginkan sang anak, bisa jadi itu memang Penting dan harus di turuti yah.

6. Selalu Bersyukur


Terkadang kesulitan hidup yang sedang dihadapi dapat membuat seseorang menjadi lebih rendah hati serta penuh syukur. Karenanya, ajari sang anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah dimilikinya. dan ajarkan untuk selalu mengucap kata "Alhamdulillah... :)"

7. Berhati-hati dalam memilih teman

Hati-hati memilih teman karena Tidak semua orang bisa dijadikan teman. Anak-anak harus mengetahui bahwa pengaruh terbesar dalam kehidupannya sebagian besar banyak berasal dari teman. karena zaman sekarang pergaulan anak-anak (maaf) kebanyakan sangat berbahaya dan jauh dari kata aman, jadi sebagai orang tua ajarkan sejak dini pada sang anak untuk memilih teman-teman yang Baik, namun bukan berarti harus menjauhi Teman-teman yang nakal, Tetaplah bergaul namun sang anak harus mengerti akan batasan.

8. Ajari Bahwa Harta Benda Bukanlah Segalanya

Anak-anak perlu mengerti bahwa harta di dunia ini bukanlah segalanya. Bahwa kebahagiaan sejati hanya datang dari nurani yang tentram dan keluarga yang Bahagia.

9. Tidak Mudah Merasa Iri Terhadap Orang Lain

Ajari anak Anda agar tidak mudah merasa iri terhadap orang lain. Karena itu, bila mereka menginginkan sesuatu yang orang lain miliki, anjurkan mereka supaya bekerja dengan keras untuk bisa mendapatkannya.(Manjaddah Wajjaddah-Barang Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Pasti Akan Mendapatkannya).

10. Berikan Contoh Perilaku yang Baik Melalui Teladan Anda

Biarkan anak-anak melihat contoh melalui teladan nyata. Karena itu, berikanlah mereka contoh hidup yang bersahaja supaya mereka terdorong untuk melakukan hal yang sama baiknya dengan yang Anda lakukan :) dan sebisa mungkin jauhkan dari Contoh-contoh perilaku yang buruk agar sang anak Besar dengan Baik dan tidak menjadi anak yang nakal.


Semoga apa yang saya bagikan di atas bisa menjadi panutan buat para orang tua dalam mendidik anaknya agar menjadi anak yang Baik, Saya rasa cukup sekian dulu postingan seputar 10 Hal yang Perlu diajarkan pada Anak Sejak Dini, Semoga bermanfaat bagi kita semua :) #Amin.

Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan :)
Sekian dan Terimakasih :'D
Wassalam! ( ^o^) /
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PENTING! Berikut 10 Hal yang Perlu di Ajarkan pada Anak Sejak Dini!"

 
Copyright © 2016 Suzunime - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top